6 CARA MEMULAI HIDUP PENUH SEMANGAT

Alangkah indahnya jika setiap kali akan beraktivitas diawali dengan senang dan riang. Tapi jangankan senang, melihat kemacetan lalu lintas dan membayangkan deadline yang sudah di depan mata akan membuat Anda lemas dan malas menyongsong hari baru. Apakah Anda tahu cara mengawali hari Anda yang dapat mempengaruhi seluruh hari ini?

Cara-cara berikut mungkin bisa membantu Anda memulai dengan penuh semangat.

Jalan-jalan Pagi

Aktivitas jalan pagi memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh tetap bugar, jalan-jalan pagi membuat Anda siap untuk menghadapi hari ini, tidur lebih nyenyak di malam hari dan sekaligus membantu menurunkan tingkat stress Anda. Jika Anda merasa berat untuk jalan-jalan pagi sendirian, ajak pasangan Anda atau binatang piaraan Anda (anjing, misalnya).

Teh Hijau

Minum secangkir the hangat, terutama teh hijau yang kandungan antioksidan, akan membuat Anda lebih segar. Hal ini disebabkan karena antioksidan merawat sel tubuh sehingga selalu sehat.

Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat membuat otot-otot rileks dan Anda bisa melakukan sedikit gerakan stretching (peregangan otot) agar tubuh tidak kaku. Stretching dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan memungkinkan Anda untuk memulai hari ini dengan lebih rileks dan tenang. Tentu saja, jika Anda merasa tenang, Anda sanggup mengatasi masalah-masalah yang akan datang hari ini.

Sarapan

Sarapan adalah the most important meal of the day. Sarapan yang sehat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan memberikan Anda kekuatan untuk menghadapi hari secara fisik dan mental. Tanpa sarapan, Anda akan lemas dan kurang bisa berkonsentrasi. Jadi, pastikan sarapan Anda terdiri dari protein dan buah.

Menulis Jurnal

Menulis jurnal atau blog memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan manajemen stress. Menuliskan peristiwa yang Anda alami setiap hari dapat meningkatkan kualitas diri karena membantu Anda lebih focus, mengolah emosi dan membantu Anda untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi.

Mendengarkan Musik

Terapi music sudah dikenal dapat mengurangi stress dan berefek positif pada kesehatan. Tidak perlu seorang ahli untuk bisa mendapatkan terapi musik ini. Musik akan memberikan energi positif dan ketenangan psikologis. Musik juga bisa mendukung gaya hidup sehat. Misalnya saja musik mendorong Anda untuk melakukan meditasi, yoga, atau musik yang sedikit nge-beat untuk menstimulasi Anda berolahraga.

Syukurilah semua yang dikaruniakan Tuhan dengan CARA HIDUP YANG LEBIH BERMARTABAT. Ketika Anda mampu mensyukuri, semuanya akan terasa indah.

Tuhan memberkati.

Shalom and peace.

(disarikan dari Majalah “Warta Paragonz”, Mei 2009 Tahun XXIII, hal. 35)

About these ads

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: